Senin, 13 Januari 2020

Jenis-jenis Aset Desa dan pengertiannya

1 comment



berikut ini jenis-jenis aset desa dan pengertiannya. 

yang dimaksud Aset Desa dapat berupa tanah kas Desa, tanah ulayat, pasar Desa, pasar hewan, tambatan perahu, bangunan Desa, pelelangan ikan, pelelangan hasil pertanian, hutan milik Desa, mata air milik Desa, pemandian umum, dan aset lainnya milik Desa.

Aset yang lainnya dapat berupa kekayaan Desa yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa; kekayaan Desa yang diperoleh dari hibah dan sumbangan atau yang sejenis; kekayaan Desa yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari perjanjian/kontrak dan lain-lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; hasil kerja sama Desa; dan kekayaan Desa yang berasal dari perolehan lainnya yang sah.
Kekayaan milik Pemerintah dan Pemerintah Daerah berskala lokal Desa yang ada di Desa dapat dihibahkan kepemilikannya kepada Desa. 

Pengelolaan kekayaan milik Desa dilaksanakan berdasarkan asas kepentingan umum, fungsional, kepastian hukum, keterbukaan, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan kepastian nilai ekonomi.

Pengelolaan kekayaan milik Desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Desa serta meningkatkan pendapatan Desa.

Kekayaan milik Desa yang berupa tanah disertifikatkan atas nama Pemerintah Desa.

Kekayaan milik Desa yang telah diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dikembalikan kepada Desa, kecuali yang sudah digunakan untuk fasilitas umum.

Bangunan milik Desa harus dilengkapi dengan bukti status kepemilikan dan ditatausahakan secara tertib.

Pengelolaan kekayaan milik Desa sebagaimana dimaksud  dibahas oleh Kepala Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa berdasarkan tata cara pengelolaan kekayaan milik Desa yang diatur dalam Peraturan Pemerintah.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 komentar:

  1. In this manner my acquaintance Wesley Virgin's biography launches in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    Wesley was in the military-and soon after leaving-he discovered hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get anything they want.

    THESE are the exact same methods tons of celebrities (notably those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that expression has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years back, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car with a suspended driver's license and on his bank card.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

    You've been a part of those those thoughts, isn't it right?

    Your very own success story is going to be written. All you need is to believe in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus