Rabu, 15 Januari 2020

Syarat-syarat Penentuan Desa Adat

1 comment

syarat-syarat Penentuan desa adat diatur dalam undang-undang. Seperti yang tertulisa jelas dalam UUD 1945 bahwa neraga mengakui dan menghormati masyarakat hukum adad tertuan dalam pembentukan desa adat. Adapun syarat-syara penentuan desa ada adalah sebagai berikut :


Penetapan Desa Adat sebagaimana dimaksud harus memenuhi syarat:


  1. kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya secara nyata masih hidup, baik yang bersifat teritorial, genealogis, maupun yang bersifat fungsional;
  2. kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya dipandang sesuai dengan perkembangan masyarakat; dan
  3. kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya sesuai dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya yang masih hidup sebagaimana dimaksud harus memiliki wilayah dan paling kurang memenuhi salah satu atau gabungan unsur adanya: a. masyarakat yang warganya memiliki perasaan bersama dalam kelompok. b. pranata pemerintahan adat c. harta kekayaan dan/atau benda adat; dan/atau d. perangkat norma hukum adat.
  5. Kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya sebagaimana dimaksuddipandang sesuai dengan perkembangan masyarakat apabila (a). keberadaannya telah diakui berdasarkan undang-undang yang berlaku sebagai pencerminan perkembangan nilai yang dianggap ideal dalam masyarakat dewasa ini, baik undang-undang yang bersifat umum maupun bersifat sektoral; dan (b). substansi hak tradisional tersebut diakui dan dihormati oleh warga kesatuan masyarakat yang bersangkutan dan masyarakat yang lebih luas serta tidak bertentangan dengan hak asasi manusia.
  6. Suatu kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya  sesuai dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia apabila kesatuan masyarakat hukum adat tersebut tidak mengganggu keberadaan Negara Kesatuan Republik lndonesia sebagai sebuah kesatuan politik dan kesatuan hukum yang (a). tidak mengancam kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik lndonesia; dan (b). substansi norma hukum adatnya sesuai dan tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
Demikian lah Syarat-syarat Penentuan Desa Adat semoga membantu.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 komentar:

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Well over 160 000 men and women are losing weight with a easy and SECRET "water hack" to lose 2 lbs every night while they sleep.

    It's proven and it works on everybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Go get a glass and fill it half the way

    2) Proceed to do this proven HACK

    and you'll become 2 lbs lighter the very next day!

    BalasHapus